January 27, 2006, 2:50 pm
KRL Holec

Holec mulai memperkuat jajaran armada PT KAI tahun 1995, produk dari Bombardier-BN Holec Belgia. Kereta ini sebenernya bagus, tapi kelangkaan sparepart dan kesalahan perhitungan teknis dalam segi pengoperasian di wilayah Jabotabek membuatnya tidak bisa beroperasi optimal.

Daripada dibuang sayang, Holec sekarang coba diaktifkan kembali sebagai kereta diesel elektrik (KRDE). KRDE merupakan konversi dari KRL eks Holec yang sudah tidak beroperasi lagi karena kebanjiran dan rusak berat. Satu kereta di depan dipasang mesin diesel dan altenator serta transformator. Satu kereta berikutnya dipasang VVVF inverter dan motor traksi. Sedangkan 3 kereta berupa trailer.

KRDE Komuter bisa dioperasikan di wilayah yang belum ada elektrifikasi seperti Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Yogya, dsb. Semula dioperasikan KRD hidrolik, tetapi berdasarkan studi yang dibuat pada tahun 1991, maka diarahkan pada desain KRD elektrik. Namun, studi lebih lanjut tentang KRDE tahun 2001 sampai dengan sekarang masih belum dibuat prototipnya, maka INKA mengusulkan KRL eks Holec yang sudah tidak beroperasi bisa dikonversi

Di daerah Bojong Gede dan sekitarnya KRL Holec dikenal dengan sebutan KRL Game Watch karena bentuk kaca kabin masinisnya kaya permainan game watch

Menurut keterangan dari salah seorang petugas PT KAI, memang benar KRL Holec mulai beropearsi tahun 1995,dimana pertama kali dibuat oleh PT INKA-PT PINDAD-PT LEN tahun 1994

Pernah KRL Holec tahun 1994 dengan nomor seri KL3 94201-04 (4 kereta) dioperasikan ke wilayah Serpong dan Tangerang, tapi karena ada kecelakaan (kebakar) sehingga diganti oleh KRL eks Jepang (Hibah)

Cerita lainnya mengenai KRL hibah. KRL Hibah sebanyak 72 kereta dari Jepang yang datang pada tahun 2000, sampai sekarang melayani beberapa wilayah operasi : Bekasi exp (BEKEX), Serpong exp (Sudirman exp) dan Bogor Exp (Pakuan)

Karena kebutuhan armada, KRL Hibah cadangan (6 kereta bagian tengah) dimodifikasi oleh para pegawai PT KAI dipo Bukitduri dan Balai Yasa Manggarai menjadi 6 kabin.

(ken/fajar/rusdi)


Keretasiana
'Annoucer' Stasiun Cawang
Etika Penumpang KRL
Yuk, Naik KRL Wisata Ancol
Kenaikan Tarif itu








tempat curhat dan info seputar KRL di krl-mania@yahoogroups.com :  

© Hak Cipta ada pada redaksi krlmania.com, isi dilindungi Undang-Undang.
Diperbolehkan memperbanyak isi dan segala hal yang ada pada website ini tanpa persetujuan redaksi
dan dengan mencantumkan sumber berita krlmania.com